Pursuing My True Self

Yo everyone! Ini post pertamaku di tahun 2013 ini.  Gak terasa blog ini udah berjalan selama 1 tahun, terima kasih buat kalian yang udah setia ngikutin perkembangan blog ini dan baca setiap post-ku disini, dan buat yang baru baca, kalo emang senggang, bisa dibaca post-post ku sebelumnya ya. Domo arigatou gozaimasu! m(_ _)m Blogku tahun ini juga akan kubuat lebih teratur dengan jadwal terbit tulisan baru setiap bulan, dan dengan judul yang menggunakan lagu-lagu Jepang kesukaanku, mungkin bisa dicari sendiri lagunya kalau memang pengen dengar.

Di awal tahun ini, aku pengen sedikit bernostalgia dan menengok kembali hal-hal yang terjadi pada kehidupanku di tahun 2012. Tahun 2012 kemarin menurutku adalah tahun "perubahan". Di tahun itu, ada banyak banget hal-hal yang berubah dari diriku, dan banyak banget hal-hal baru yang aku dapat selama tahun 2012 kemarin.

Dimulai dari perubahan yang paling besar, yaitu perubahan dari status sebagai siswa SMA menjadi mahasiswa. Perubahan yang begitu drastis ini membawa serta perubahan-perubahan kecil besertanya, seperti perubahan dari tempat perantauanku yang sebelumnya dari Malang, sebuah kota sederhana tanpa godaan yang cocok sekali untuk belajar, menjadi Jakarta, sebuah kota metropolis dengan berbagai hiburan yang bisa mengganggu belajar didalamnya. Ah, tapi perubahan kota ini udah pernah dibahas di post sebelumnya, jadi aku pengen nulis tentang perubahan-perubahan kecil yang terjadi padaku selama tahun kemarin.

Perubahan pertama yang kurasakan sejak tahun 2012 kemarin adalah kesukaanku dalam menulis dan membaca buku hiburan selain komik. Di tahun 2012 kemarin, aku banyak membeli buku-buku komedi dan inspirasional karya Raditya Dika. Berhubung aku adalah seorang mahasiswa kedokteran, aku juga membaca buku-buku tulisan Ferdiriva Hamzah ( Cado Cado Series) dan buku tulisan Andreas Kurniawan, Koas Racun. Aku juga sempat membaca novel misteri terjemahan yang berjudul Tokyo Zodiac Murder, yang sangat menarik dan bikin aku kepengen baca novel misteri lain. Blog ini juga lahir tahun kemarin. Tahun kemarin juga aku sempat mengikuti beberapa lomba menulis, dan karyaku ada yang dimasukkan kedalam antologi flash fiction berjudul Simfoni Balqis. Bagi yang berminat, bisa pesan ke aku ya *promosi*. :D

Perubahan lain yang kurasakan adalah masalah selera, terutama selera musik. Di tahun 2012 kemarin, aku yang dulu hanya suka lagu-lagu Jepang dan gak memperhatikan lagu-lagu lain, mulai "membuka telinga" buat lagu-lagu dari Barat karena aku baru menyadari ada beberapa lagu dari sana yang bagus. Penyanyi Barat yang aku suka sekarang itu Taylor Swift sama Carly Rae Jepsen, karena selain lagu dan suara mereka yang memang bagus, wajah mereka juga cantik. :3 *plaak!!!* 

Selain lagu, aku juga mulai "membuka mata" buat film-film Barat yang biasa diputar di bioskop. Alasan utamanya sih karena sejak pindah ke Jakarta, aku dan Aria jadi sering pergi nonton bareng ke bioskop, jadi aku sering memonitor perkembangan film-film di bioskop Indonesia, dan itu bukan hal yang jelek menurutku karena film-film yang bisa masuk bioskop pastinya film-film berkualitas yang layak tonton. Selain itu, minat baruku terhadap film-film Hollywood ini juga membantuku dalam hubungan pertemananku dengan seorang teman kuliahku, Audric, yang seorang penggemar film. Jadi, kami kalo ngobrol bisa lumayan nyambung meskipun selera film kami berbeda. Sebelum nonton, aku biasanya nanya dulu sama Audric apa film ini layak tonton atau gak, karena hampir semua film bioskop kayaknya pernah dicomotnya deh, haha. XD

Di tahun 2012 kemarin juga aku baru pertama kalinya pergi karaoke bareng teman-teman kuliahku. Selama ini aku menganggap keluar sama teman-teman itu hal yang merepotkan, apalagi karaoke. Tapi ternyata, setelah kujalani, yang penting itu bukan kegiatannya, tapi waktu yang dihabiskan bersama teman-teman itu pasti terasa lebih menyenangkan daripada melulu ngelakuin hobi kita sendirian. Hari itu benar-benar berkesan buatku, karena di hari itu aku belajar untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan, dan aku juga belajar untuk dapat lebih mengekspresikan diriku sendiri.

Tahun 2012 juga merupakan tahun dimana aku pertama kalinya ngerasain cinta. Mungkin masih terlalu muda, mungkin masih dibilang cinta monyet, tapi ya inilah yang aku rasain. Kurasa setiap orang pun pasti akan ngerasain hal yang sama kalau udah nyampe di umur-umur remaja kayak gini. Di tahun ini aku belajar kalau cinta itu, harus berani berkorban demi orang yang kita cintai, tapi jangan sampai nyusahin diri sendiri. Intinya, yang namanya cinta itu harus membawa kebahagiaan buat kedua pihak, dan aku senang banget sampai detik ini hubunganku dengan Aria masih berjalan dengan baik, dan yang terpenting, kami sama-sama bahagia dengan ini. Doakan semoga tahun depan pun aku masih bisa menulis tentangnya dengan bahagia kayak hari ini. :)

Well, inti dari tulisan ini adalah, aku ingin mengajak kita semua untuk mulai memikirkan akan dibawa kemana kehidupan kita kedepannya nanti. Gak hanya itu, aku juga pengen mengajak teman-teman semua untuk gak mudah melupakan hal-hal kecil yang terjadi disekitar kita, terutama yang membawa perubahan-perubahan baik dalam hidup kita. Intinya, teruslah mengejar "diri kita sendiri". Teruslah mencari apa yang menjadi ciri khas kita, apa yang membuat kita menjadi sepenuhnya "kita". Jangan mengurung diri kita dalam pikiran yang sudah puas dengan keadaan kita sekarang. Kalau kita tetap terkurung didalamnya pun, dunia akan tetap berputar dan berkembang tanpa menunggu kita untuk keluar dari "cangkang" kita. Teruslah mengejar hubungan dengan orang-orang lain, melakukan hal-hal baru, dan mempelajari hal-hal baru yang dapat memperluas pandangan kita akan dunia, dan akan diri kita sendiri yang lebih baik.


Cheers. :) 


"Snooping round town will get you nowhere, you're locked up in your mind. We are trapped in a maze of relationships. Life goes on with or without you." - Pursuing My True Self / Hirata Shihoko



Comments

Popular Posts