Cinta atau Cita?

Judul postku kali ini adalah sebuah pertanyaan sederhana yang diajukan sama temanku baru-baru ini. Awalnya aku gak kepikiran sama sekali tentang hal ini. Seperti kata orang, hidup adalah sebuah pilihan, sama kayak pertanyaan temanku. Buat anak-anak sekolah kayak aku, tentu yang paling penting adalah belajar, dapat nilai setinggi-tingginya, dan mewujudkan cita-cita. Aku juga berpikir kayak gitu. Tapi percayalah, yang namanya sekolah, gak akan pernah lepas dari yang namanya cinta. Bohong banget kalo ada anak sekolahan yang bilang "Gue belum pernah jatuh cinta! Ngapain cinta2an sekarang? Bikin pusing aja..." . Berarti entah tuh anak gak menikmati sekolah, ato emang gak tertarik sama lawan jenisnya... :p
Disadari atau gak, cinta pada masa sekolah terkadang mengganggu, tapi terkadang malah bisa jadi berkah buat kita. Kalo misalnya kita belajar bareng sama orang yang kita sayang, ato ngabisin waktu istirahat bareng, dijamin pasti kita gak akan mau liburan. Kalo liburan orang2 pada hepi, kita malah stress karena gak bisa ketemu si doi. Ini yang bagus. Tapi kalo ternyata cinta itu mengganggu kita? Tiap hari jalan mulu sama si dia, dari pagi bangun tidur sampe malam mau tidur lagi sama dia, kapan kita belajarnya? Emang asik, emang senang, tapi ingat, kita ini murid sekolah. Kita perlu waktu buat belajar, ngerjain tugas, dan ngumpul bareng teman2. Nah lho...
Yah, emang gak ada yang salah dengan cinta. Semua orang pasti ngalamin itu. Tapi yang penting, lihat2 situasi dan kondisi masing2, diri kita sendiri dan si "cinta" itu. Kalo sama2 sibuk, lagi ada kerjaan, ya cobalah buat saling mengerti keadaan satu sama lain. Sharing sedikit nih, aku sayang sama seorang cewek disekolahku, sebut aja Aria *karena aku pengen punya anak cewek yang kukasih nama Aria*. Tapi, kami beda dalam pemilihan jurusan. Aku milih IPA, dan dia milih IPS, karena masing-masing dari kami punya cita-cita yang ingin kami raih. Kegiatan di IPA dan IPS udah tentu beda, tugas2 dan jadwal ulangan juga beda. Waktu aku besok ada ulangan, dianya nyantai... Giliran aku yang nyantai, eh, dianya kerja tugas... Disinilah perlu yang namanya pengertian. :)
Well, balik lagi ke post-ku sebelumnya, tentang perkuliahan. Aku dan Aria udah punya tujuan mau melanjutkan pendidikan kami kemana. Aku bakal tetap di Indonesia dan Aria, bakal kuliah ke tempat lain. Kami bakal terpisah oleh jarak, waktu, dan roaming yang super mahal. Nah, ini dia saat pertanyaan "Cinta atau Cita" ditanyain sama temanku. Apa aku bakal ngejar Aria si "Cinta" dan menelantarkan cita-citaku yang sulit diwujudkan kalo kuliah diluar negeri, ato tetap di Indonesia dan mengejar si "Cita"? Aku udah mutusin, kalo aku akan tetap mengejar si "Cita". Aria juga pernah bilang kalo aku punya cita-cita keren yang sayang kalo gak diwujudkan. Karena itu, setelah SMA ini, aku dan Aria bakal menempuh jalan yang terpisah. Tapi aku berharap, rasa sayangku ke dia gak akan berubah, begitu juga sebaliknya, dan pada akhirnya, jalan kami yang terpisah ditengah bisa kembali menyatu setelah kami mewujudkan cita-cita kami masing2.
Jadi, tentukan pilihanmu.... sekarang! *Tak* H*m O*t style* Mau pilih "Cinta", atau "Cita"?


Comments

Popular Posts