Hati-hati Gunakan Matamu~


Heya, folks! Sebelumnya, post ini gak ada maksud sama sekali untuk menyinggung, menyindir, menghina, atau menjelek-jelekkan pihak manapun. Apa yang aku tulis di post ini cuma pikiranku doang kok. Lagian, ini kan blogku, jadi biarkan aku menulis sesukaku, ok? Buat pihak-pihak yang merasa tersindir ato tersinggung, aku minta maaf deh biarpun post ini sama sekali gak punya maksud untuk itu. :)
Teman-teman, pasti baru-baru ini selesai tryout UN di sekolah masing-masing. Gimana? Susah? Menurutku pribadi sih susah, selain karena aku sendiri juga yang kurang siap… Kalo ini UN beneran, udah dipastikan aku gak bakal lulus… Tadi baru dibacain jumlah benar untuk soal tryout matematika kota tempat aku sekolah, dan aku cuma benar 14 dari 40 nomor, yang berarti nilaiku dibawah nilai mati 40, alias GAK LULUS. Dan malunya, itu nilai terendah di kelasku, bahkan mungkin di angkatanku, huwa~ teman-temanku yang lain separah-parahnya itu masih benar 18 nomor…
Tapi tunggu dulu, gak semua nilai itu jujur… Selama tryout kemaren, aku banyak menyaksikan kecurangan-kecurangan yang dilakuin teman-temanku. Banyak banget cara-caranya, mulai dari yang kreatif sampe yang kelihatan banget. Aku bingung, gimana caranya mereka bisa gak ketahuan gitu, ntah karena emang lihai ato emang gurunya yang gak mau ambil pusing. Sekali lagi, post ini bukan buat menjelekkan, bukan juga untuk memuji diriku sendiri dan menganggap diriku yang paling benar…
Cara-cara yang aku lihat buat mencurangi tryout kemaren banyak banget. Ada yang mainstream dengan nanya jawaban langsung pake bisik-bisik, ada yang pake bahasa isyarat tangan, dan yang lumayan kreatif menurutku itu yang sampe pura-pura sakit dengan dehem-dehem sepanjang tryout. Iya kalo cuma sekali-dua kali, ini terus-terusan sampe kayak orang TBC, mana keras banget lagi…
Yang pengen kubahas, semua itu untuk apa sih? Apa gunanya sih dapat nilai yang bagus di tryout UN? Bukannya aku nyuruh kalian gak usah belajar, tapi tryout ini dipakai buat ngukur seberapa siap kita menghadapi UN kan? Kalo jelek, berarti kita belum siap. Kalo bagus, berarti kita udah siap. That’s all there is to it. Jadi, kalo dapat nilai bagus hasil curang kayak gitu, kan jadi gak tau kan kita udah siap apa belum? Apa cara-cara itu bakal terus dipake sampe UN nanti? Coba aja kalo berani… Siap-siap deh ngejar paket C.
Aku cerita sedikit tentang peraturan sekolahku ya. Buat anak kelas XII, kalo ketahuan ngelakuin hal-hal yang aneh-aneh kayak nyontek ato kerja, uda pasti bakal bermasalah waktu kelulusan. Emang lulus, tapi tertunda. Disaat anak-anak lain udah lulus, yang bermasalah diwajibkan untuk terus masuk sekolah sampai sekitar 3 minggu, buat ngerjain makalah sesuai dengan topik yang udah dikasih. Gak penting banget kan? Apalagi pengerjaan makalah ini didampingi sama guru BI, jadi udah pasti makalah kita bakal dicoret disana-sini, dan disuruh bikin ulang dengan revisi…
2 tahun lalu, ada kakak kelasku yang ketahuan mencontek sewaktu tryout, dan dia harus kena hukuman ini. Tahun lalu, ada juga 2 orang kakak kelasku yang ketahuan kerja sama di Ujian Praktek TIK. Berhubung lab komputer kami disekolah gak beda-beda jauh dari warnet, jadi hal ini mungkin banget buat dilakuin. Alhasil, selama 3 minggu itu mereka terpaksa tinggal di sekolah buat ngerjain proyek khusus dari pelajaran TIK, bikin website sendiri. Kalau waktu disekolah proyek ini dikerjain secara berkelompok sekitar 5 orang, buat hukuman ini, yah… lumayan, bisa bikin sebuah website pribadi yang di publish ke internet. J
Baru hari ini juga, guruku cerita tentang beberapa kecurangan-kecurangan lain yang pernah ketangkap disekolahku. Beliau bilang hal-hal itu KONYOL. Aku bilang itu MENGGELIKAN. Belajarnya dibagi-bagi biar waktu ujian bisa tukar-tukaran jawaban, terus begitu selesai ujian yang keluar dari mulut itu “Cerah! Aku bisa!”. Bisa apa? Bisa curang? Bisa dapat nilai bagus? Kalo aku mau kasar, bisa aja aku bilang “Makan tuh nilai!”. Buat apa nilai bagus kalo didapat dari kerja bareng-bareng? Mau buat siapa tuh nilai? Buat diri sendiri? Kalo ada yang masih bisa bangga dengan nilai 100 hasil curang, aku cuma bisa bilang, “ Menggelikan”.
Kembali ke topik postingan-ku sebelumnya, tentang Jalur Undangan. Tentu kecurangan-kecurangan ini gak cuma dilakuin waktu ujian besar kayak tryout. Banyak juga yang dilakuin waktu ulangan-ulangan harian, dan itu nilai yang masuk ke rapor. Bisa dibayangkan betapa gak adilnya sistem yang ada kalo misalnya yang nilainya tinggi-tinggi, yang bisa diterima di Jalur Undangan itu justru orang-orang yang ngelakuin kecurangan itu? Gimana nasib anak-anak yang gak curang tapi nilainya gak mencukupi? Harusnya kursi itu bisa buat mereka! Sekali lagi, ini bukan buat membela diriku sendiri…
Buat teman-teman yang baca post ini, mungkin post ini bisa sedikit membantu kalian untuk merenung. Buat yang gak pernah curang, tetaplah bertahan pada prinsip kalian, aku yakin itu yang terbaik. Buat yang sering ato pernah ngelakuin hal-hal kayak gini, mungkin habis baca post ini, kalian bisa bertanya dalam hati, “Untuk apa aku ngelakuin ini semua?”. Terakhir, aku cuma pengen bilang tentang apa yang aku pikirin. Nilai gak menentukan segalanya. Nilai cuma buat melihat kita siap apa gak, selama nilai itu kita dapatkan sendiri. Lebih baik dapat nilai jelek tapi jujur, daripada dapat nilai bagus hasil perbuatan haram. Apa yang kita bisa, itu yang kita terima. Nilai bagus hasil curang itu gak akan membawa kebanggaan apa-apa. Kalo sampe masih bisa bangga sama nilai-nilai kayak gitu, 1 kata… seperti yang kusebut pake caps lock diatas.
Cheers. :)


Comments

Popular Posts