Challenge Day 18: Monster Hunter

Yo everyone! Sorry banget karena kemarin aku nggak sempat nge-post tulisan disini karena beberapa kesibukan yang nggak bisa kutinggalkan.

Belakangan ini aku lagi ketagihan sama sebuah game berjudul Monster Hunter 4 Ultimate. Aku sendiri bukan tipe gamer kelas berat. Aku jarang banget memainkan game baik di console seperti XBox atau PS4, maupun di komputer. Paling banter main game iseng di handphone. Selain karena nggak punya, kesibukan di hari-hari kuliah menjadi alasan utama aku nggak terlalu hobi main game. Karena itu, seringkali aku tertinggal dari teman-temanku saat memainkan sebuah game. Misalnya tahun lalu saat dunia dihebohkan dengan rilisnya Pokemon Omega Ruby & Alpha Sapphire. Disaat teman-temanku sudah mewujudkan cita-cita mereka menjadi Pokemon League Champion di game itu, aku bahkan belum menamatkannya hingga saat ini. Begitu pula dengan Monster Hunter 4 yang dirilis pada bulan Februari tahun ini. Aku tertinggal tiga bulan dari teman-temanku yang bahkan udah heboh memainkan game ini semasa perkuliahan. :')

Sesuai namanya, Monster Hunter 4 Ultimate adalah sebuah game dimana avatar kita dalam game akan menempuh perjalanan untuk memburu monster. Terdapat begitu banyak jenis monster dalam game ini, mulai dari yang sekecil serangga hingga yang ukurannya lebih dari 20x lipat tubuh kita. Bentuknya pun beragam seperti ikan, beruang, gorila, juga naga raksasa. Salah satu fitur paling menarik dari game ini adalah kebebasan yang diberikan kepada kita sebagai pemain untuk membuat avatar sesuka hati kita. Dengan menggunakan hasil buruan kita sebagai bahan untuk membuat senjata dan baju zirah, kita bisa membuat avatar yang paling mirip dan sesuai dengan diri kita. Bisa dibilang, sistem ini memberikan pengalaman yang nyata bagi kita seperti sedang memburu sebuah monster besar sungguhan.

Sebuah game tanpa tantangan tentu akan terasa membosankan. Karena itu, membunuh monster-monster disini tidak akan semudah membalik telapak tangan. Sebagian besar dari mereka memiliki gerakan-gerakan yang tidak mudah diprediksi, atau memiliki titik lemah yang sulit dijangkau. Karena itu, persiapan untuk melawan setiap monster harus dipertimbangkan dengan matang, seperti menentukan senjata apa yang harus dipakai dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Terkadang, justru kitalah yang diburu oleh monster-monster ini, dan kita harus mengulang perburuan dari awal hingga akhirnya si monster berhasil kita tumbangkan.

Tapi, kesenangan dalam memainkan Monster Hunter nggak berhenti sampai disitu. Hal utama yang membuatku ketagihan melototin layar lama-lama buat main game ini adalah kepuasan yang didapat saat berhasil mengalahkan seekor monster besar. Melihat tulisan besar bahwa kita sudah berhasil menyelesaikan misi kita, ditambah sosok monster yang perlahan-lahan jatuh ke tanah memberi feeling of accomplishment yang begitu menyenangkan. Apalagi jika kita berhasil mendapatkan item-item langka dari hasil buruan kita tersebut.

Sekilas, Monster Hunter 4 Ultimate hanya sebagai game pengisi waktu luang yang nggak realistis, tapi menurutku game ini punya beberapa pelajaran yang bisa dipetik dalam setiap perburuan yang kita lakukan. Misalnya dengan menganggap monster dalam game seperti masalah yang datang memasuki kehidupan kita. Dalam hidup, masalah nggak datang hanya dalam satu bentuk, seperti monster dalam game ini. Ukurannya pun bermacam-macam. Selain itu, nggak jarang juga satu masalah membawa masalah lain yang nggak terduga, seperti gerakan-gerakan monster yang nggak selalu bisa kita baca.

Untuk menghadapi masalah-masalah ini, kita perlu mempersiapkan senjata dan obat-obatan sebelum pergi berburu, sama seperti yang kita lakukan dengan mempersiapkan tubuh dan jiwa kita didunia nyata. Selain persiapan-persiapan diatas, kita juga perlu menyiapkan strategi untuk menghadapi setiap masalah yang berbeda-beda tersebut. Bahkan, sering juga kita dipaksa untuk nggak menyelesaikan masalah sekaligus, tapi selangkah demi selangkah. Sama seperti keadaan dalam game dimana kita nggak bisa menghabisi monster yang ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari kita dalam sekali jalan. Perlu sesekali kita kembali ke markas untuk memulihkan keadaan, baru kembali melanjutkan perburuan kita.

Hal terakhir sekaligus terpenting yang bisa diambil dari game ini adalah setelah kita berhasil memburu monster. Untuk mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat senjata dan baju zirah, kita seringkali diharuskan untuk memburu monster yang sama lebih dari satu kali. Pengalaman kita memburu monster tersebut membantu kita untuk mengenal pola serangan, arah gerakan, dan titik lemah dari si monster. Begitu juga apabila kita mendapat sebuah masalah dalam hidup. Dengan berhasil menyelesaikan suatu masalah, kita dapat mengambil pelajaran yang pastinya akan berguna bagi kita di masa depan, baik dalam menghadapi masalah yang sama maupun masalah-masalah yang lainnya.

Cheers. :D

http://fondosdepantalla.biz/images/wallpapers/monster-hunter-29144-1280x800-979392.jpeg

Comments

Popular Posts