Challenge Day 3: Into the Eternity

Yo everyone! Memasuki hari tantangan ketiga, sejujurnya aku udah mulai bingung mau nulis apa. Karena itu, aku mau sedikit membuka cerita mengenai asal-usul nama blog ini, eternalmemory963. Sebenarnya alasan penggunaan nama ini agak sedikit memalukan, tapi percayalah, nama ini lahir lewat pemikiran yang matang. >///<

Buat pembaca setia blog-ku, mungkin sudah tahu kalau aku punya seorang adik kembar laki-laki. Nah, sebagai seseorang yang lahir dari keturunan Tionghoa, sudah menjadi tradisi kalau kami harus diberikan nama Tionghoa. Bisa dibilang nama kedua deh. Kebetulan yang dulu memberi nama Tionghoa bagi kami berdua adalah seseorang yang filosofis, romantis, puitis, dan artistik. Aku diberi nama 椿永 (chun yong) dan adik kembarku 椿恒 (chun heng). Nama kami jika berdiri sendiri itu bisa dibilang tidak ada artinya, namun, jika kanji terakhir dari kami berdua digabungkan, akan terbentuk kata 永恒 ( yong heng) yang berarti "Abadi". Kata orang nama adalah doa, jadi kami diberi nama demikian dengan doa bahwa "Kami berdua akan selalu akrab selamanya (Abadi)". Itu adalah alasan pertama nama Eternal muncul.

Alasan kedua juga nggak beda jauh, masih ada hubungannya dengan nama keduaku diatas. Teman-teman pasti tahu kalau aku ini seorang pecinta kebudayaan Jepang. Dalam bahasa Jepang, dikenal tiga jenis huruf, yaitu huruf Hiragana dan Katakana yang merupakan huruf Jepang asli, dan huruf Kanji yang karakternya sama dengan karakter dalam bahasa Mandarin, artinya pun nggak beda jauh. Kata "Abadi" dalam bahasa Jepang adalah 永遠 (eien), yang kalau diperhatikan dengan seksama mengandung huruf 永 seperti yang terdapat dalam nama Tionghoa-ku. Kombinasi angka 963 sendiri dalam bahasa Jepang kira-kira bisa dibaca Ku-Ro-Mitsu, yang kalau diplesetkan sedikit jadi seperti Kurisu, cara membaca nama Kris dalam bahasa Jepang. ....... Iya, aku tahu ini agak lebay. :(

Nah, sebagai seorang penyuka kebudayaan Jepang, aku juga suka menonton film-film buatan Jepang, salah satunya Kamen Rider, atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Ksatria Baja Hitam. Kira-kira tahun 2011 saat aku baru mulai menulis blog ini, ada seorang tokoh dalam film tersebut bernama Kamen Rider Eternal. Tokoh ini diceritakan memakai pakaian berwarna putih dengan motif api berwarna biru. Sekarang tahu kan darimana api biru di headline blog ini berasal. Lalu nama memory dalam blog ini kuambil dari alat yang digunakan oleh si Eternal untuk berubah di film. Sebagian besar tokoh pahlawan perlu berubah sebelum beraksi, betul?

Setelah menggabungkan berbagai alasan diatas, lahirlah sebuah blog berisi curhatan-curhatan random seorang mahasiswa berjudul eternalmemory963. Semoga tulisan kali ini bisa membantu Kurisu (963) menjadi eternal memory bagi banyak orang. ;)

Cheers. :D

Image courtesy from Google

Comments

Popular Posts